KPA Provinsi Jawa Tengah
Username
Password
Tingkatan

Selamat Datang!

Monitoring dan evaluasi sebagai bagian krusial dalam komponen program pencegahan dan penanggulangan HIV AIDS memiliki peran penting dalam hal pengumpulan data seperti halnya penyelenggaraan/tempat layanan. Pengelolaan program pencegahan dan penanggulangan HIV dan AIDS tingkat daerah dan tingkat fasilitas layanan memerlukan data sistematis untuk membantu para pengelola program/monev melaksanakan tugasnya; misalnya terkait peningkatan kinerja program, membuat keputusan, mengalokasikan sumberdaya, menentukan arah masa depan program dan menyediakan umpan balik kepada lembaga donor dan mitra lainnya. Perangkat M&E program HIV dan AIDS ditujukan membantu memudahkan mereka yang sehari-hari berkecimpung dalam program penanggulangan HIV dan AIDS namun tidak memiliki atau memiliki sedikit pengetahuan mengenai Monitoring & Evaluasi, bagaimana menghubungkan semua konsep monev dan mengaplikasikannya dalam pekerjaan sehari-hari.

Indikator kinerja mengacu pada kerangka kerja monev, yang terdiri dari Input (Sumber daya) – Process (Program-program) – Output (Cakupan Program) – Outcome (Pengetahuan dan Perilaku) – Impact (Prevalensi HIV).  Indikator kinerja akan digunakan untuk melihat kemajuan program dalam memenuhi komitmen global dan kebutuhan nasional  terhadap pencapaian tujuan  Strategi dan Rencana Aksi Nasional (SRAN).

Dalam siklus perencanaan, implementasi dan evaluasi (P, I & E) jelas terlihat bahwa hasil-hasil Monitoring & Evaluasi (M&E) menjadi sesuatu yang amat berharga untuk perencanaan dan pelaksanaan pada tahap berikutnya.


Visi KPA Provinsi Jawa Tengah Misi KPA Provinsi Jawa Tengah
  • Terkendalinya penyebaran HIV dan AIDS di Provinsi Jawa Tengah
  1. Mendorong kepada semua pihak untuk meningkatkan kepedulian dalam penanggulangan HIV & AIDS
  2. Meningkatkan akses pelayanan kesehatan bagi penderita HIV & AIDS
  3. Mendorong kemandirian masyarakat untuk dapat melakukan upaya penanggulangan HIV & AIDS
  4. Menggalang sumber daya manusia dan sumber dana masyarakat dalam upaya penanggulangan HIV & AIDS
  5. Menciptakan perilaku yang aman dari risiko penularan HIV & AIDS
  6. Menciptakan perilaku yang aman dari risiko penularan HIV & AIDS
  7. Mengurangi Stigma dan Diskriminasi terhadap ODHA